Sabtu, 03 Maret 2012

Ekosistem Kolam


 Ekosistem merupakan suatu ekosistem di alam, yang di dalamnya terjadi hubungan timbal balik antar komponen penyusunnya dan factor lingkungan. Berdasarkan habitatnya ekosistem dibedakan menjadi Ekosistem daratan (terestrial) dan Ekosistem perairan (akuatik). Contoh ekosistem daratan adalah hutan, padang rumput, dan sebagainya. Ekosistem perairan dibagi menjadi dua, yaitu : perairan air tawar dan perairan air asin.

Perairan air tawar, contohnya : danau, sungai, kolam, dan lain-lain.
Perairan air asin contohnya : lautan dan estuary.
Kolam merupakan salah satu perairan air tawar, didalam kolam dapat dijumpai berbagai komponen ekosistem sebagai berikut :
a.      Kompomem Biotik
1.      Perodusen yaitu : Organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri karena mempunyai klorofil. Golongan produsen di kolam yang akan dijumpai mulai dari maerophyta, seperti : Phiytoplanton sampai mierophyta. Phytoplankton terdiri atas chlorophceae, myxophyceae, diatome, dan sebagainya.
Maerophyta yang terdapat di dalam kolam digolongkan ke dalam tumbuhan hydrophytes.
·        Hidrofit yang mengapung di permukaan air. Contoh Marcilea sp. Salvinea natans. Eicchornia crassipes.
·        Hidrofit yang melayang di dalam air. Cotohnya Phytoplankton.
·        Hidrofit yang bagian daun mengapung dan muncul di permukaan tetapi akarnya tertanam di dasar perairan (kolam). Contohnya Nyamphae sp. Hanguana melayana. Sagitaria sp.

2.      Konsumen, yaitu organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri sehingga harus mengambil makanan dari produsen. Golongan konsumen terdiri dari :
·        Zooplankton (mikroorganisme yang bebas mengapung, mengambang atau biasa bergerak sesuai dengan arus air). Contohnya Amoeba sp. Diaptomus sp.Paramecium sp.
·        Perifiton (organisme yang dapat berenang dan melawan arus air), contoh ikan (Pisces).
·        Neuston (organisme yang istirahat atau berenang di permukaan air), contoh jentik nyamuk (larva).
·        Nematoda, contohnya cacing pipih (Plathyhelminthes).

b.      Komponen Abiotik
Komponen abiotik yang dapat dijumpai di dalam kolam, diantaranya: air, lumpur (tanah), batu-batuan, organisme yang mati dan unsure-unsur abiotik lainya.

4 komentar:

nicky mengatakan...

hubungan interaksi antar organisme atau antar komponen pada ekosistem kolam tu apa aja.?

Diary Castle mengatakan...

Hubungan atau interaksi pada ekosistem kolam itu seperti hubungan lumut dengan ikan yang ada dikolam, air kolam dengan lumut atau tumbuhan yang hidup dikolam, ikan dengan air, dan masih banyak yang lain. yang jelas di kolam itu akan terbentuk interaksi kombonen biotik dengan abiotik.

semoga bermanfaat, cari lagi jawaban-jawaban yang lebih baik.
terimakasih.

Nia mengatakan...

produsen utama di kolam itu apa? lumut?/fitoplankton?/tumbuhan air(misal: eceng gondok, teratai?/hydrilla ada gk sih di kolam?

mjumani mengatakan...

mari belajar biologi hehe

Poskan Komentar

 
;